top of page

Seperti kita tahu, tujuan coaching adalah membantu seseorang untuk mencapai tujuan mereka secara sistematis dan terukur bertolak dari kondisi mereka saat itu. Kami memberikan dua macam layanan group coaching, yakni untuk perusahaan/organisasi dan non-organisasi/individu. 

 

Bagi perusahaan/organisasi, group coaching dapat memberikan banyak manfaat bagi sebuah divisi di perusahaan, seperti meningkatkan kolaborasi, efisiensi dan efektivitas, kinerja dan produktivitas, perkembangan personal dan profesional, rasa kepemilikan dan keterlibatan, serta pemecahan masalah dan inovasi. Oleh karena itu, group coaching dirasa semakin relevan dan penting dalam konteks organisasi dan pengembangan individu. Berikut ini beberapa alasan utamanya:

 

  1. Kolaborasi dan Tim Kerja yang Lebih Baik: Group coaching membantu para anggota divisi untuk berinteraksi secara langsung satu sama lain, berbagi pengalaman, dan belajar bersama. Proses ini dapat membantu membangun hubungan tim yang lebih cair dan kuat yang mendorong anggota divisi untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama dan saling mendukung dalam mengatasi tantangan sehingga mereka menjadi tim kerja yang lebih baik.

  2. Efisiensi dan Efektivitas: Dalam group coaching, seorang coach dapat bekerja dengan beberapa individu sekaligus dalam satu sesi. Ini jelas meningkatkan efisiensi waktu dan sumber daya, karena dapat mengakomodasi kebutuhan dan tantangan dari beberapa individu sekaligus. 

  3. Peningkatan Kinerja dan Produktivitas: Melalui group coaching, anggota divisi dapat belajar teknik-teknik baru, strategi yang efektif, dan praktik terbaik dalam melaksanakan tugas-tugas mereka. Hal ini dapat meningkatkan kinerja individu dan secara keseluruhan meningkatkan produktivitas divisi. 

  4. Perkembangan Personal dan Profesional: Group coaching mendorong pertumbuhan pribadi dan profesional anggota divisi. Dalam sesi coaching, anggota divisi dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, menetapkan tujuan personal dan profesional, serta mengembangkan rencana tindakan untuk mencapainya. Dengan dukungan dan umpan balik dari sesama anggota divisi, mereka dapat terus berkembang dan meningkatkan kinerja mereka.

  5. Peningkatan Rasa Kepemilikan dan Keterlibatan: Group coaching dapat membantu meningkatkan rasa kepemilikan dan keterlibatan anggota divisi terhadap pekerjaan mereka dan perusahaan secara keseluruhan. Melalui kolaborasi dan dukungan yang diberikan dalam sesi coaching, anggota divisi merasa dihargai dan didukung. Ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja mereka, serta memperkuat loyalitas mereka terhadap perusahaan.

  6. Pemecahan Masalah dan Inovasi: Group coaching dapat menjadi forum bagi anggota divisi untuk berbagi tantangan yang dihadapi dan mencari solusi secara kolektif. Melalui diskusi dan pemecahan masalah bersama, mereka dapat memperoleh perspektif baru, ide-ide inovatif, dan strategi yang lebih baik untuk mengatasi masalah yang kompleks. Hal ini dapat mendorong inovasi dan meningkatkan kemampuan divisi dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang muncul.

Bagi individu/non-organisasi, group coaching juga memberikan banyak keuntungan sekalipun di awal mereka tidak saling mengenal. Peran dan cara coach dalam sesi group coaching menjadi sangat penting untuk membuat anggota grup merasa nyaman dan bisa terbuka. Berikut ini keuntungan  group coaching bagi individu:

  1. Perspektif dan Pengalaman yang Beragam: Anggota kelompok biasanya memiliki latar belakang, pengalaman, dan pandangan yang berbeda-beda. Hal ini dapat memberikan keuntungan besar dalam group coaching karena anggota kelompok dapat memberikan perspektif yang beragam terhadap masalah atau tantangan yang dihadapi. Melalui pengalaman dan wawasan yang berbeda, individu dapat memperluas pemahaman mereka dan menemukan solusi yang mungkin belum pernah terpikirkan.

  2. Lebih Menghargai Pendapat Orang Lain: Ketika anggota kelompok tidak saling mengenal, individu lebih mungkin menghargai pendapat dan kontribusi dari setiap anggota kelompok secara objektif, tanpa prasangka sebelumnya. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana setiap anggota kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan memberikan kontribusi.

  3. Fokus pada Individu dan Tujuan Pribadi: Dalam group coaching yang melibatkan individu yang tidak saling mengenal, fokus utama adalah pada kebutuhan, tujuan, dan perkembangan masing-masing individu. Individu dapat merasa lebih nyaman untuk berbicara tentang tantangan pribadi, tujuan karier, dan keinginan mereka tanpa adanya penilaian atau pengaruh dari anggota kelompok yang sudah saling mengenal. Hal ini memungkinkan individu untuk mendapatkan dukungan, panduan, dan umpan balik yang lebih objektif dan pribadi.

  4. Kesempatan untuk Membangun Jaringan dan Hubungan Baru: Group coaching yang melibatkan individu yang tidak saling mengenal dapat menjadi kesempatan yang baik untuk membangun jaringan dan hubungan baru. Selama proses coaching, individu memiliki kesempatan untuk berinteraksi, berkolaborasi, dan belajar bersama dengan anggota kelompok. Ini dapat membuka pintu untuk memperluas jaringan profesional, membangun relasi kerja yang kuat, dan memperoleh wawasan baru dari individu dengan latar belakang yang berbeda.

Yang penting diingat dan diperhatikan dalam setiap sesi coaching, kita semua berkomitmen menjaga kerahasiaan informasi masing-masing anggota grup sebagai bentuk sikap saling percaya dan menghargai. Dengan demikian, group coaching dapat menjadi salah satu sarana ampuh untuk memfasilitasi Anda, individu atau perusahaan, untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan. Kami siap membantu Anda sepenuh hati.

bottom of page