top of page

Coaching adalah sebuah metode untuk memfasilitasi seseorang mencapai apa yang diinginkannya dengan BERFOKUS PADA MASA DEPAN DAN SOLUSI. Artinya dalam sebuah proses coaching, kita tidak akan membahas masa lalu, kesalahan atau keputusan yang pernah dibuat karena keputusan itu adalah yang terbaik untuk keadaan/kondisi kita pada saat itu, sehingga harus kita terima dengan lapang dada. Bagaimana dengan masa depan? Masa depan ada dalam genggaman kita. Apa yang kita putuskan dan lakukan hari ini akan menentukan masa depan kita dan masih bisa kita ubah. Tapi karena pengetahuan, kebiasaan berpikir, mental block, kebiasaan bertindak, dan lemahnya komitmen menjadi kendala banyak orang untuk mulai melakukan perubahan.

     Coach dapat membantu melihat kondisi riil saat ini, secara jelas dan tajam mengidentifikasi tujuan yang ingin dicapai coachee, mengembangkan rencana tindakan yang efektif, dan memberikan bimbingan atau arahan untuk mencapai tujuan tersebut. Coach akan mengantarkan coachee untuk berpikir kreatif melampaui kebiasaan berpikir yang dijalaninya selama ini dan juga mendampinginya dalam proses melewati segala rintangan yang dihadapinya untuk mencapai tujuannya dalam jangka waktu tertentu.
     Coaching akan dilakukan dengan santai dan menguatkan hati terlebih dahulu sehingga proses coaching dapat terjadi dengan nyaman. Kepercayaan seorang coachee pada coach-nya menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan coaching.

     Smile Coaching Card (SCC) adalah satu set kartu yang diciptakan untuk menjadi alat bantu yang sangat efektif dan efisien, baik untuk belajar coaching maupun untuk mengidentifikasi kondisi kita (coachee) saat ini dalam 8 aspek kehidupan maupun aspek-aspek yang terkait dalam divisi sebuah perusahaan dan bagaimana memperbaikinya. 

     SCC digunakan untuk membantu individu maupun perusahaan.

    1. Individu (personal): untuk mencapai kesejahteraan dan kesuksesan holistik dengan berfokus pada 8 aspek kesejahteraan: fisik, finansial, pekerjaan, lingkungan sosial, hubungan emosional, mental-intelektual, kontribusi dan legacy, dan spiritual. Melalui pengidentifikasian ini, kita akan dibantu untuk terus meningkatkan atau memperbaiki aspek hidup yang mana dari waktu ke waktu. Kita melakukan perubahan dan perbaikan hidup dengan senyum, dengan senang hati.   

     2. Perusahaan (profesional): untuk mencapai goal tertentu dalam setiap divisi, misalnya menaikkan penjualan, meningkatkan pelayanan klaim/keluhan, mengefisiensikan biaya, memperbaiki leadership, mencari cara pemasaran atau promosi yang lebih tepat.

bottom of page